Friday, January 20, 2012 - 0 comments

Layanan Jejaring Sosial

STMIK KHARISMA MAKASSAr
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Dr.Eng. Armin Lawi, S.Si, M.Eng.
LAYANAN JEJARING SOSIAL



KELOMPOK 15
Milgevia (51011019)
Tan Feronica Tansil (51011026)



Makalah mengenai layanan jejaring sosial. Berupa pengertian, contoh-contoh layanan jejaring sosial, sistem teknologi pada layanan jejaring sosial, serta dampak dari layanan jejaring sosial.


 
KATA PENGANTAR

Segala puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini.  Makalah ini berisi tentang jejaring sosial yang saat ini sangat marak digunakan tidak hanya didominasi oleh generasi muda atau remaja, bahkan golongan tua pun menggunakannya.

Namun, penyusunan makalah ini masih sangat jauh dari kesempurnaan. Maka dari itu, penyusun sangat mengharapkan segala saran dan kritik dari para pembaca agar dapat menyempurnakan makalah kami di kemudian hari. Penyusun mempunyai harapan besar bahwa makalah ini dapat memberikan manfaat dalam memperkaya wawasan para pembaca dan bagi yang memerlukannya. Terima kasih.



Makassar, Januari 2012

Kelompok 15
















DAFTAR ISI

Kata Pengantar ...................................................................................................   i
Daftar Isi ............................................................................................................   ii
BAB 1 :
          Pendahuluan..............................................................................................   1
BAB 2:
          Layanan Jejaring Sosial.............................................................................   3
BAB 3:
          Sistem Jejaring Sosial................................................................................   11
BAB 4:
          Kecanduan Jejaring Sosial.........................................................................   13
BAB 5 :
          Penutup......................................................................................................  15
Daftar Pustaka....................................................................................................   16



BAB1
 PENDAHULUAN

Manusia adalah makhluk sosial. Karakter ini ternyata tetap muncul dalam dunia teknologi informasi khususnya internet. Seperti yang telah kita ketahui internet telah merubah cara orang-orang untuk berinteraksi, bekerja dan berkomunikasi. Perbedaan budaya, letak geografis dan jarak ternyata tidak membuat intensitas serta kualitas interaksi menjadi berkurang. Saat awal-awal berkembangnya teknologi internet, e-mail merupakan teknologi yang dirasakan sangat signifikan merubah cara orang-orang untuk berkorespondensi dan berinteraksi. Berikutnya dengan gelombang internet teknologi Web 2.0 terdapat suatu fenomena yang cukup menarik, yaitu situs jejaring sosial (Social Networking Web).
Dengan situs web tersebut kita dapat bergabung dengan komunitas pengguna situs tersebut. Mungkin sebagian besar pengguna komunitas yang kita kunjungi adalah rekan-rekan kita atau bisa jadi teman baru yang kita kenal di dunia “maya”. Situs jejaring sosial marak bermunculan beberapa tahun belakangan ini. Ibaratnya bagaikan suatu ruangan yang sangat luas di “dunia internet”, tempat berkumpul banyak orang yang sudah kita kenal atau barangkali ingin kita kenal. Kita juga bisa “mengundang” orang-orang yang kita kenal tapi belum tergabung dengan komunitas jejaring sosial tersebut untuk ikut bergabung. Selanjutnya dalam komunitas jejaring sosial kita bisa bertukar informasi, berkomunikasi secara virtual, membentuk sub-sub komunitas berdasarkan kesamaan suatu hal. Banyak lagi kegiatan interaksi yang bisa dilakukan tergantung fasilitas yang disediakan masing-masing situs. Boleh jadi awalnya situs-situs jejaring sosial isinya lebih banyak terkait hal-halyang sifatnya “fun” dan nostalgia ria tapi selanjutnya terjadi perkembangan yang mengarah ke arah profesionalisme.Ternyata situs-situs jejaring sosial mulai bertransformasi menjadi tempat untuk melakukan kontak bisnis ataupun komunitas-komunitas yang lebih serius.
Para pengguna mulai memanfaatkan situs-situs jejaring sosial sebagai alat yang mendukung profesi ataupun wirausaha. Info kontak person dapat membantu menemukan beragam rute dan informasi menuju jenis perusahaan yang diinginkan ataupun peluang bisnis baru. Para pengguna situs jejaring sosial pun mulai bergeser, tidak hanya didominasi oleh generasi muda atau remaja, golongan tua pun sudah mulai melirik situs jejaring sosial sebagai tempat favorit bersosialisasi. Jejaring sosial atau jaringan sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Analisis jaringan sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
Pengertian Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954. Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi,ide,teman,keturunan,dll.
Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer. Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat. Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.



BAB 2
LAYANAN JEJARING SOSIAL

Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing di dalamnya.
Hingga akhir Agustus 2007 Linkedin telah memiliki 13 juta anggota aktif di lima benua. Linkedin memposisikan sebagai situs jejaring sosial untuk para profesional yang berusia 25 hingga 65 tahun. Di Linkedin para pengguna dapat membicarakan pekerjaan yang sedang dilakukan ataupun pekerjaa di masa lalu. Para pengguna Linkedin memanfaatkan situs ini untuk membina hubungan profesional sesuai dengan kebutuhan atau untuk hal yang spesifik. Misalkan survey terhadap perusahaan yang akan dijadikan tempat investasi atau perusahaan yang akan mereka apply. Layanan yang diberikan oleh Linkedin masih terbatas dalam bahasa Inggris akan tetapi ternyata setengah dari pasarnya berasal dari luar Amerika terutama India dan Brazil. Salah seorang pengguan Linkedin menilai Linkedin memiliki karakter yang “efisien” sehingga cocok untuk para pengguna yang tidak memiliki waktu senggang yang lama untuk menjelajahi situs-situs jejaring sosial.

Macam-macam layanan jejaring sosial:

1.    Friendster
Kelebihan :

v friendster merupakan situs jejaring sosial pertama yang mungkin mempelopori facebook dan twitter, yang didalamnya terdapat fitur ganti status.
v kita dapat menyimpan foto sebanyak banyaknya dengan melakukan upload. juga bisa membuat album seperti facebook.
v friendster dapat juga digunakan untuk mencari teman sebanyak banyaknya, untuk melakukan iklan dan juga jasa.
v kita bisa melakukan kontak kepada teman yang lain dengan menulis di dinding seperti pada facebook.
v Kita dapat mengubah layout friendster. Yaitu gambar backgroud supaya tampak lebih cantik, daripada facebook yang tidak bisa diganti, cuma ada biru.

Kekurangan :

v friendster merupakan model lama dari situs jejaring sosial, sehingga belum sesempurna seperti pada facebook.
v dalam friendster tidak ada fitur comment seperti pada facebook, hanya menyediakan fitur wall.
v Friendster tidak menyediakan fitur chatting, dan juga tidak ada waktu habis masa statusnya (tidak seperti di facebook, selang 1 minggu maka status akan otomatis dibuang tapi tidak dihapus).
v untuk melakukan add sangatlah rumit, kita diharuskan benar benar mengetahui teman yang di add karena kita diharuskan menuliskan alamat emailnya atau nama belakangnya, jika tidak maka kita tidak akan bisa menjadi temannya.
v menggunakan friendster merupakan cara lama, karena sudah dikatakan jadul dan peminatnya sudah sangat berkurang

2.    Facebook
Saat ini hampir semua pengguna internet di Indonesia atau bahkan di Dunia ini menggunakan atau memiliki account facebook, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Jejaring social ini telah membuat para penggunanya terjipnotis dan asiiik dengan aplikasi-aplikasi yang diberikan/disediakan, seperti melengkapi kekurangan jejaring social sebelumnya yang juga cukup banyak digunakan yaitu Friendster.
Dalam sebuah account facebook kita miliki, kita dapat melakukan :
·         Update status, disini kita bisa menulis apa saja yang sedang kita lakukan, kita rasakan, dimana keberadaan kita, bersama siapa, bahkan yang tidak bisa kita ungkapkan pada orang lain.
·         Comments, kita bisa mengomentari apa saja, entah itu status, foto, wall, notes teman kita.
·         Tagging photo, biasanya para pengguna suka meng-upload berbagai fotonya ke dalam account mereka, sama halnya pada Friendster. Dalam facebook, selain meng-upload foto untuk bisa diperlihatkan, kita juga bisa menandai orang-orang yang ada dalam foto tersebut apabila orang tersebut menjadi teman dalam account facebook kita.
·         Notes & Tagging Notes, dalam notes kita bisa menuliskan apa saja seperti menceritakan sesuatu, dan notes teersebut bisa kita tandai sama seperti foto juga mengomentarinya.
·         Chat, pada jejaring social sebelumnya (Friendster) tidak terdapat aplikasi untuk chating (berinteraksi) melalui media text dengan teman yang juga menjadi teman dalam account kita.
·         Games, pada jejaring social lain tidak disediakan aplikasi games dengan menggunakan account kita, tapi dalam facebook kita dapat memainkan games seperti poker (kartu), pet society, Farmville, mavia wars, dan lain-lain dengan menggunakan account facebook kita.
·         Group, group ini dapat kita buat sendiri sesuai dengan tujuan orang-orangnya. Maksudnya semua yang memiliki facebook dapat membuat sebuah group yang ditujukan kepada sebuah komunitas atau siapa saja yang inginbergabung untuk mendapatkan informasi tentang group tersebut.

Dari fitur fitur yang disediakan, facebook juga mempunyai kelebihan dan kekurangan,yaitu:
Ø  kelebihan utama dari kepemilikan sebuah account facebook adalah kita bisa menemui kembali teman-teman lama kita, walaupun hanya didalam dunia maya, namun itu akan menjadi hubungan pertemanan yang berlanjut, dengan begitu kita bisa berkomunikasi kembali dengan mereka.
Ø   kekurangannya mungkin sebuah account facebook bisa dipalsukan oleh orang lain dengan info/data diri yang tidak benar sama sekali yang mungkin akan merugikan orang yang accountnya dipalsukan. Lalu facebook ini bisa menyita waktu sang pemilik account untuk terus menggunakan (kasarnya memebuat para pengguna terbuai dan tidak peduli dengan tugas/pekerjaannya, bagi para facebookers)

3.    Twitter
Sedikit banyak, dunia maya memiliki kemiripan dengan dunia nyata. Aturan-aturan dan tindakan-tindakan di dunia nyata, bisa kita praktekkan di dunia maya, apalagi jika bersentuhan dengan ranah jejaring sosial di mana kita juga berhubungan dengan banyak orang.
Maka, siapa bilang jika kebaikan hanya bisa dipraktekkan di dunia nyata saja karena ternyata poin-poin kebaikan juga bisa dilakukan di Twitter. Tak percaya? Simak poin-poin di bawah ini dan segera praktekkan sehingga Anda bisa dikenal sebagai Tweeps yang baik :
1.      Retweet (RT)
Salah satu ‘kebaikan’ di Twitter ialah Retweet (RT). Anda pasti akan senang saat mengetahui follower Anda me-Retweet status Anda dan meneruskannya ke follower mereka karena dinilai bermanfaat. Lebih dari itu, ada kemungkinan juga orang lain akan mem-follow Anda sebagai si sumber informasi.

2. FollowFriday
Merekomendasikan orang untuk di-follow dalam hastag FollowFriday (#FF) termasuk dalam kebaikan Twitter. Namun melakukan #FF tidak bisa asal-asalan. Alih-alih mencantumkan serentetan nama orang, akan lebih baik jika Anda merekomendasikan user dengan deskripsi yang spesifik.

3. Reply
Mengusahakan untuk selalu membalas tweet yang ditujukan pada Anda adalah langkah yang baik di dunia per-Twitteran. Menggunakan layanan DM dibanding dengan melakukan reply malah akan lebih baik lagi karena terasa lebih personal.

4. List
Layanan List bisa mengukur seberapa kuat personality Anda dan orang-orang yang telah Anda masukkan dalam daftar tersebut. Nah jika ada follower Anda yang memasukkan Anda dalam List mereka (tentu tergantung dari title dan
tujuannya), tetaplah rendah hati.

5. Perkenalan
Tak ada salahnya Anda mengenalkan orang di Twitter asalkan tujuannya baik. Ini adalah salah satu hal baik di Twitter yang bisa Anda lakukan.i-dus

6.MenjawabPertanyaan
Membantu orang lain di Twitter yang menemui kesulitan juga bisa dilakukan. Tidak sulit kok. Misalnya jika ada yang bertanya pada Anda mengenai tutorial, artikel, atau mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bidang yang Anda geluti, maka bantu mereka dengan menjawab pertanyaan mereka.

7.FollowBack
Melakukan follow balik untuk setiap follower kita memang bukan hal yang bisa dilakukan oleh setiap orang terutama bagi public figure yang memiliki ribuan follower. Akan tetapi aksi ini termasuk dalam kebaikan Twitter dan sebagai bentuk penghargaan bagi orang lain. Namun perlu diingat, jika Anda mem-follow seseorang lalu yang bersangkutan tidak mem-follow balik Anda, maka bukan berarti dia tidak menghargai Anda. Setiap orang mempunyai hak
untuk mem- follow  seseorang sesuai keinginannya.

8.Keberlanjutan
Menjaga hubungan dengan follower serta memberi mereka perhatian juga masuk dalam daftar ‘kebaikan’ di dunia Twitter.


9.Tersenyum
Memberikan senyuman bisa pula dilakukan di ranah Twitter. Sebuah senyuman meski hanya dengan ikon, akan bisa membuat hari yang terlihat buruk menjadi lebih bersinar, apalagi jika senyuman tersebut datang dari orang yang tepat. Nah, makanya jangan ragu-ragu untuk melemparkan senyuman pada follower Anda

4.    Google+
Seperti kita tahu, aplikasi jejaring sosial yang paling populer saat ini adalah Facebook. Tetapi beberapa waktu lalu Google mulai memperkenalkan layanan baru “social network” mereka yang baru, Google+ (Google Plus) yang sepertinya ingin bersaing dengan Facebook. Setelah sebelumnya layanan ini baru bisa digunakan melalui sistem invite (undangan), kini Google+ sudah terbuka dan siapa saja bisa bergabung. Layanan google yang satu ini mulai diperkenalkan tanggal 28 Juni 2011 yang lalu, ketika itu memang baru dibuka secara terbatas, tetapi kini kita sudah bisa bergabung tanpa harus diundang teman yang sudah terdaftar.
Google+, memang baru saja di rilis, sehingga bagi sebagian pengguna mungkin terasa membingungkan. Tetapi jika sudah terbiasa, hal itu harusnya bukan masalah, apalagi fiturnya masih belum sebanyak facebook. Google+ saat ini mempunyai fitur atau layanan sebagai berikut :
  • Circles – Kita bisa membuat grup kita sendiri berdasarkan kiriteria tertentu, misalnya grup keluarga (family), teman sekolah, teman main, dan sebagainya. Setiap grup terpisah satu sama lain, sehingga kita bisa berinteraksi hanya dengan grupp yang kita inginkan.
  • Sparks – Kita bisa memasukkan sebanyak mungkin kata kunci yang menjadi ketertarikan kita (misal olahraga, politik, programming dan sebagainya) kemudian google+ akan memberikan link update konten yang sesuai dengan ketertarikan kita tersebut.
  • Hangouts – Memungkinkan kita untuk langsung berkomunikasi melalui video (live), dengan 10 orang anggota atau teman. Termasuk kemampuan untuk saling sharing video dan melihat youtube, dan chatting via text/tulisan disampingnya.
  • Huddle – Fitur untuk chatting di handphone (mobile phones)
  • Instant Upload – Layanan untuk upload foto atau video secara langsung dari mobile phone ke Google+ untuk kemudian di share

5.    MySpace


Kelebihan:
v  Jumlah teman tak dibatasi. Mau sejuta atau semilyar teman kita punya dalam satu 'account', no problem. 
v   Skalanya lebih terasa internasional dan luas sehingga kita mudah meng-add teman dari berbagai negara.
v  Tidak perlu login dan menyetujui sebuah aplikasi ketika kita menerima komentar atau kiriman pesan berbasis html atau Javascript.
v  Tak bisa dan tak boleh mengupload gambar-gambar yang tidak sopan dan tak senonoh.
v   Sangat mudah membuat playlist musik yang kita suka dan menyimpannya di halaman profil.
v  Membuat slide, edit foto, bahkan membuat kartu Ulang Tahun dengan fasilitas Myspace sendiri, tanpa pihak ketiga.
v  Halaman profil lebih mewah dan mudah untuk diganti kapanpun kita mau. Khusus fitur ini, kita bebas mengambil dari Myspace atau pun pihak luar yang tidak berafiliasi dengan Myspace.
v  Menyediakan fasilitas halaman khusus yang disebut 'Myspace Music' buat para musisi atau group band yang ingin mempromosikan diri dan karyanya,
v  Bisa setting pribadi untuk foto-foto yang kita pasang sebagai foto profil.
v  Memiliki kolom khusus untuk komentar sehingga tak bercampur dengan menu lainnya.
v  Lebih mirip sebuah website
Kelemahan :
v   Membatasi usia user minimal 18 tahun.
v   Tak ada sistem 'wall to wall' yang bisa digunakan untuk saling komentar antar dua pihak.
v  Tak ada sistem 'tag' dan 'share' dalam blog atau catatan.

6.     Linkedln

LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya.

7.    Multiply
Multiply.com adalah sebuah situs jejaring sosial dengan fitur yang memungkinkan orang untuk saling-berbagi beberapa media, seperti foto, video, maupun blog.


8.    Orkut
Orkut merupakan layanan jejaring sosial, memungkinkan pengguna menampilkan informasi personal dan profesional, bertemu teman baru dan memelihara pertemanan yang sudah terjalin. Di sini pengguna juga bisa bergabung dengan komunitas yang memiliki kesamaan minat


Selain yang disebutkan di atas masih banyak lagi macam- macam jejaring sosial lainnya,yaitu:
·         www.hi5.com
·         www.mypage5.com
·         www.orkut.com
·         www.yuwie.com
·         www.tagged.com
·        www.bebo.com
·        www.socint.com
·        www.kenalanyuk.com (buatan indonesia)
·        www.kombes.com (buatan indonesia )
·        www.okkot.com
·        www.plurk.com
·        www.koprol.com











BAB 3
SISTEM JEJARING SOSIAL

Sistem jejaring sosial adalah bagaimana mekanisme menghubungkan antara satu individu dengan individu yang lainnya, dengan bertujuan saling bertukar informasi. Salah satu sistem jejaring sosial yang dibahas adalah teknologi pada Facebook.

Sebelum membahas mengenai teknologi pada Facebook, berikut beberapa fakta mengenai Facebook:
  • Facebook melayani 570.000.000.000 page view per bulan (menurut Google Ad Planner).
  • Ada lebih banyak foto di Facebook dari pada semua situs foto lainnya bahkan jika digabungkan (termasuk situs-situs seperti Flickr).
  • Lebih dari 3 milyar foto di-upload setiap bulan.
  • Facebook sistem melayani 1.200.000 foto per detik. Ini tidak termasuk gambar pada server CDN Facebook.
  • Lebih dari 25.000.000.000 buah konten (update status, komentar, dll) setiap bulan.
  • Facebook memiliki lebih dari 30.000 server (yang ini data tahun 2009).
Facebook menggunakan situs LAMP (Linux-Apache-MySQL-PHP), namun telah memperluas operasinya dan memasukkan unsur-unsur lainnya dan memodifikasinya. Seperti:
·         Facebok menggunakan PHP, tetapi mereka membangun compiler sendiri sehingga kode PHP di konvert menjadi kode native (C++) pada server, sehingga meningkatkan kinerja.
·         Facebook menggunakan Linux, tetapi telah dioptimalkan untuk keperluan mereka sendiri.
·         Facebook menggunakan MySQL, mengoptimalkan database design, moving join, memchahce adalah beberapa hal untuk mengoptimalkan database facebook.
Teknologi-teknologi pembantu yang dipakai situs jejaring sosial terbesar didunia ini:

1.      Memcached

Memcached adalah memory-object-caching-system, sistem memcached ini mendistribusikan penggunaan cache yang seharusnya ditanggung sendiri oleh sebuah server menjadi terbagi-bagi dalam beberapa server. Memcached bekerja sebagai semacam hash atau array asosiasi yang dapat menyimpan data berupa string, integer atau bahkan object. Data hash ini disimpan didalam memori komputer (RAM) hingga sangat cepat untuk diakses. hash berfungsi untuk menjadi identitas atau semacam sidik jari dari suatu data, hash ini dapat diimplementasikan untuk data berapapun panjangnya dan menghasilkan ukuran/panjang yang tetap.
Memcached sudah menjadi suatu bagian penting dalam dunia internet saat ini. Ini adalah sistem caching memori terdistribusi yang facebook gunakan sebagai sistem caching antara web server dan database server mereka. Selama bertahun-tahun facebook telah mengoptimalkan memchaced.
Facebook telah mempunyai ratusan Memcached server dengan jumlah data yang telah di cache sebesar 10 Terabytes.

2.      HipHop for PHP

PHP adalah scripting language, relatif lebih lambat jika dibandingkan dengan native language seperti C++. Hiphop mengubah kode PHP ke C++ yang kemudian dikompilasi untuk meningkatkan performa.
Sebuah tim kecil di Facebook menghabiskan waktu 18 bulan hanya untuk mengembangkan Hiphop yang mereka klaim bisa mereduksi CPU usage hingga 50%, dan sekarang telah dirilis ke publik.






BAB 4
KECANDUAN JARINGAN SOSIAL INTERNET

A .Dampak Positif Jejaring Sosial
1.      Pengguna dapat belajar mengembangkan keterampilan teknis dan sosial yang sangat di butuhkan di era digital seperti sekarang ini. Pengguna akan belajar bagaimana cara beradaptasi, bersosialisai dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan.
2.      Memperluas jaringan pertemanan, pengguna akan menjadi lebih mudah berteman dengan orang lain di seluruh dunia, meski sebagian besar diantaranya belum pernah mereka temui secara langsung.
3.      Pengguna akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka jumpai secara online, karena di sini pengguna berinteraksi dan menerima umpan balik satu sama lain.
4.      Situs jejaring sosial membuat pengguna menjadi lebih besahabat, perhatian, dan empati, misalnya member perhatian saat ada teman mereka yang ulang tahun, mengomentari foto, video dan status teman mereka, menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu secara fisik.
B. Dampak Negatif Jejaring Sosial
1.      Pengguna menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat pemahaman bahasa pun menjadi terganggu. Jika pengguna terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya, maka pengetahuan tentang seluk beluk berkomunikasi di kehidupan nyata, seperti bahas tubuh dan nada suara, menjadi berkurang.
2.      Situs jejaring sosial akan membuat pengguna lebih mementingkan diri sendiri. Pengguna menjadi tidak sadar akan lingkungan sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan anak menjadi kurang berempati di dunia nyata.
3.      Bagi pengguna, tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di jejaring sosial. Hal ini akan membuat mereka semakin sulit membedakan anatara berkomunikasi di situs jejaring sosial dan dunia nyata. Hal ini tentunya akan mempengaruhi keterampilan menulis dalam hal ejaan dan tata bahasa.
4.      Situs jejaring sosial adalah lahan subur bagi predator untuk melakukan kejahatan. Kita tidak akan pernah tahu apakah seseorang yang baru di kenal  di internet, menggunakan jati diri yang sesungguhnya.





BAB 5
PENUTUP

Selain memiliki fungsi sebagai media interaksi sosial, situs-situs jejaring sosial punya fungsi sebagai media komunikasi yang efektif bagi pemerintah untuk mendapatkan masukan langsung dari masyarakatnya. Sudah banyak situs jejaring sosial yang terkenal, seperti Friendster, Facebook, dll. Tapi kini, ada juga model-model baru jejaring sosial yang memiliki keunikan masing-masing.
Bisa dibilang, fenomena jejaring sosial di dunia maya adalah bentuk lain dari wadah reunian para anggotanya. Pengalaman pribadipun menyatakan demikian. Banyak teman-teman lama yang sudah hitungan tahun tidak pernah kontak, dipertemukan dalam forum aplikasi jejaring sosial ini. Bahkan ada beberapa pihak yang sudah memasang iklan komersial di samping kiri-kanan dinding tampilan. Sehingga, dengan berbagai kemudahan dan variasi yang diberikan, semakin naik daun saja popularitas dari layanan itu. Tentunya hal tersebut membawa berkah tersendiri baik bagi pengembang dan pemakainyaSatu hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimanapun juga sebuah teknologi adalah fasilitas yang dapat digunakan sesuai penggunanya. Kehadiran situs jejaring sosial ini dapat memberikan keuntungan dan kerugian tergantung cara pemanfaatannya. Dan semoga kita menggunakannya untuk produktifitas dan kebaikan bagi banyak pihak.






DAFTAR PUSTAKA








0 comments:

Post a Comment