STMIK KHARISMA MAKASSAr
|
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
|
Dr.Eng. Armin Lawi, S.Si, M.Eng.
|
LAYANAN
JEJARING SOSIAL
|
KELOMPOK 15
Milgevia (51011019)
Tan Feronica Tansil (51011026)
|
Makalah mengenai layanan jejaring sosial. Berupa pengertian,
contoh-contoh layanan jejaring sosial, sistem teknologi pada layanan
jejaring sosial, serta dampak dari layanan jejaring sosial.
KATA PENGANTAR
Segala puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang
Maha Esa atas berkat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan
makalah ini. Makalah ini berisi tentang
jejaring sosial yang saat ini sangat marak digunakan tidak hanya didominasi oleh generasi
muda atau remaja, bahkan golongan tua pun menggunakannya.
Namun, penyusunan makalah ini masih sangat jauh dari kesempurnaan. Maka
dari itu, penyusun sangat mengharapkan segala saran dan kritik dari para
pembaca agar dapat menyempurnakan makalah kami di kemudian hari. Penyusun
mempunyai harapan besar bahwa makalah ini dapat memberikan manfaat dalam
memperkaya wawasan para pembaca dan bagi yang memerlukannya. Terima kasih.
Makassar, Januari 2012
Kelompok 15
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar ................................................................................................... i
Daftar Isi ............................................................................................................ ii
BAB 1 :
Pendahuluan.............................................................................................. 1
BAB 2:
Layanan Jejaring Sosial............................................................................. 3
BAB 3:
Sistem Jejaring Sosial................................................................................ 11
BAB 4:
Kecanduan Jejaring Sosial......................................................................... 13
BAB 5 :
Penutup...................................................................................................... 15
Daftar
Pustaka.................................................................................................... 16
|
BAB1
PENDAHULUAN
Manusia adalah makhluk sosial. Karakter ini ternyata tetap muncul dalam
dunia teknologi informasi khususnya internet. Seperti yang telah kita ketahui
internet telah merubah cara orang-orang untuk berinteraksi, bekerja dan
berkomunikasi. Perbedaan budaya, letak geografis dan jarak ternyata tidak
membuat intensitas serta kualitas interaksi menjadi berkurang. Saat awal-awal
berkembangnya teknologi internet, e-mail merupakan teknologi yang dirasakan
sangat signifikan merubah cara orang-orang untuk berkorespondensi dan
berinteraksi. Berikutnya dengan gelombang internet teknologi Web 2.0 terdapat suatu
fenomena yang cukup menarik, yaitu situs jejaring sosial (Social Networking
Web).
Dengan situs web tersebut kita dapat bergabung dengan komunitas pengguna
situs tersebut. Mungkin sebagian besar pengguna komunitas yang kita kunjungi
adalah rekan-rekan kita atau bisa jadi teman baru yang kita kenal di dunia
“maya”. Situs jejaring sosial marak bermunculan beberapa tahun belakangan ini.
Ibaratnya bagaikan suatu ruangan yang sangat luas di “dunia internet”, tempat
berkumpul banyak orang yang sudah kita kenal atau barangkali ingin kita kenal.
Kita juga bisa “mengundang” orang-orang yang kita kenal tapi belum tergabung
dengan komunitas jejaring sosial tersebut untuk ikut bergabung. Selanjutnya
dalam komunitas jejaring sosial kita bisa bertukar informasi, berkomunikasi
secara virtual, membentuk sub-sub komunitas berdasarkan kesamaan suatu hal.
Banyak lagi kegiatan interaksi yang bisa dilakukan tergantung fasilitas yang
disediakan masing-masing situs. Boleh jadi awalnya situs-situs jejaring sosial
isinya lebih banyak terkait hal-halyang sifatnya “fun” dan nostalgia ria tapi
selanjutnya terjadi perkembangan yang mengarah ke arah profesionalisme.Ternyata
situs-situs jejaring sosial mulai bertransformasi menjadi tempat untuk
melakukan kontak bisnis ataupun komunitas-komunitas yang lebih serius.
Para pengguna mulai memanfaatkan situs-situs jejaring sosial sebagai alat
yang mendukung profesi ataupun wirausaha. Info kontak person dapat membantu
menemukan beragam rute dan informasi menuju jenis perusahaan yang diinginkan ataupun
peluang bisnis baru. Para pengguna situs jejaring sosial pun mulai bergeser,
tidak hanya didominasi oleh generasi muda atau remaja, golongan tua pun sudah
mulai melirik situs jejaring sosial sebagai tempat favorit bersosialisasi.
Jejaring sosial atau jaringan sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk
dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat
dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman,
keturunan, dll. Analisis jaringan sosial memandang hubungan sosial sebagai
simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan
ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan
antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa
jaringan sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga
negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah,
menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam
mencapai tujuannya.Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan sosial
adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan
tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu.
Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan
simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
Pengertian Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari
elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana
mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal
sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor
J.A. Barnes di tahun 1954. Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang
dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang
diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi,ide,teman,keturunan,dll.
Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet
banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar
komputer. Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995
yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada
tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring
sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang
dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan
seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada
beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak
hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna
kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan
jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google
dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat. Jejaring sosial mulai
menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo
meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace,
diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan
ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
BAB
2
LAYANAN JEJARING SOSIAL
Banyak layanan jejaring
sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi
pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat
suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial
memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload
foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring
sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling
sharing di dalamnya.
Hingga akhir Agustus 2007 Linkedin
telah memiliki 13 juta anggota aktif di lima benua. Linkedin memposisikan
sebagai situs jejaring sosial untuk para profesional yang berusia 25 hingga 65
tahun. Di Linkedin para pengguna dapat membicarakan pekerjaan yang sedang
dilakukan ataupun pekerjaa di masa lalu. Para pengguna Linkedin memanfaatkan
situs ini untuk membina hubungan profesional sesuai dengan kebutuhan atau untuk
hal yang spesifik. Misalkan survey terhadap perusahaan yang akan dijadikan
tempat investasi atau perusahaan yang akan mereka apply. Layanan yang diberikan
oleh Linkedin masih terbatas dalam bahasa Inggris akan tetapi ternyata setengah
dari pasarnya berasal dari luar Amerika terutama India dan Brazil. Salah
seorang pengguan Linkedin menilai Linkedin memiliki karakter yang “efisien”
sehingga cocok untuk para pengguna yang tidak memiliki waktu senggang yang lama
untuk menjelajahi situs-situs jejaring sosial.
Macam-macam layanan jejaring sosial:
1. Friendster
Kelebihan :
v
friendster merupakan situs jejaring sosial pertama yang
mungkin mempelopori facebook dan twitter, yang didalamnya terdapat fitur ganti
status.
v
kita dapat menyimpan foto sebanyak banyaknya dengan
melakukan upload. juga bisa membuat album seperti facebook.
v
friendster dapat juga digunakan untuk mencari teman sebanyak
banyaknya, untuk melakukan iklan dan juga jasa.
v
kita bisa melakukan kontak kepada teman yang lain dengan
menulis di dinding seperti pada facebook.
v
Kita dapat mengubah layout friendster. Yaitu gambar
backgroud supaya tampak lebih cantik, daripada facebook yang tidak bisa
diganti, cuma ada biru.
Kekurangan :
v
friendster merupakan model lama dari situs jejaring sosial,
sehingga belum sesempurna seperti pada facebook.
v
dalam friendster tidak ada fitur comment seperti pada
facebook, hanya menyediakan fitur wall.
v
Friendster tidak menyediakan fitur chatting, dan juga tidak
ada waktu habis masa statusnya (tidak seperti di facebook, selang 1 minggu maka
status akan otomatis dibuang tapi tidak dihapus).
v
untuk melakukan add sangatlah rumit, kita diharuskan benar
benar mengetahui teman yang di add karena kita diharuskan menuliskan alamat
emailnya atau nama belakangnya, jika tidak maka kita tidak akan bisa menjadi
temannya.
v
menggunakan friendster merupakan cara lama, karena sudah
dikatakan jadul dan peminatnya sudah sangat berkurang
2.
Facebook
Saat ini hampir
semua pengguna internet di Indonesia atau bahkan di Dunia ini menggunakan atau
memiliki account facebook, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Jejaring social
ini telah membuat para penggunanya terjipnotis dan asiiik dengan
aplikasi-aplikasi yang diberikan/disediakan, seperti melengkapi kekurangan
jejaring social sebelumnya yang juga cukup banyak digunakan yaitu Friendster.
Dalam sebuah account facebook kita miliki, kita dapat melakukan :
Dalam sebuah account facebook kita miliki, kita dapat melakukan :
·
Update status, disini kita bisa menulis apa
saja yang sedang kita lakukan, kita rasakan, dimana keberadaan kita, bersama
siapa, bahkan yang tidak bisa kita ungkapkan pada orang lain.
·
Comments, kita bisa mengomentari apa
saja, entah itu status, foto, wall, notes teman kita.
·
Tagging
photo, biasanya
para pengguna suka meng-upload berbagai fotonya ke dalam account mereka, sama
halnya pada Friendster. Dalam facebook, selain meng-upload foto untuk bisa
diperlihatkan, kita juga bisa menandai orang-orang yang ada dalam foto tersebut
apabila orang tersebut menjadi teman dalam account facebook kita.
·
Notes
& Tagging Notes,
dalam notes kita bisa menuliskan apa saja seperti menceritakan sesuatu, dan
notes teersebut bisa kita tandai sama seperti foto juga mengomentarinya.
·
Chat, pada jejaring social sebelumnya
(Friendster) tidak terdapat aplikasi untuk chating (berinteraksi) melalui media
text dengan teman yang juga menjadi teman dalam account kita.
·
Games, pada jejaring social lain tidak
disediakan aplikasi games dengan menggunakan account kita, tapi dalam facebook
kita dapat memainkan games seperti poker (kartu), pet society, Farmville, mavia
wars, dan lain-lain dengan menggunakan account facebook kita.
·
Group, group ini dapat kita buat
sendiri sesuai dengan tujuan orang-orangnya. Maksudnya semua yang memiliki
facebook dapat membuat sebuah group yang ditujukan kepada sebuah komunitas atau
siapa saja yang inginbergabung untuk mendapatkan informasi tentang group
tersebut.
Dari fitur fitur yang
disediakan, facebook juga mempunyai kelebihan dan kekurangan,yaitu:
Ø
kelebihan utama dari kepemilikan sebuah
account facebook adalah kita bisa menemui kembali teman-teman lama kita,
walaupun hanya didalam dunia maya, namun itu akan menjadi hubungan pertemanan
yang berlanjut, dengan begitu kita bisa berkomunikasi kembali dengan mereka.
Ø kekurangannya mungkin sebuah account facebook
bisa dipalsukan oleh orang lain dengan info/data diri yang tidak benar sama sekali yang mungkin akan merugikan
orang yang accountnya dipalsukan. Lalu facebook ini bisa menyita waktu sang
pemilik account untuk terus menggunakan (kasarnya memebuat para pengguna
terbuai dan tidak peduli dengan tugas/pekerjaannya, bagi para facebookers)
3. Twitter
Sedikit banyak, dunia maya memiliki
kemiripan dengan dunia nyata. Aturan-aturan dan tindakan-tindakan di dunia
nyata, bisa kita praktekkan di dunia maya, apalagi jika bersentuhan dengan
ranah jejaring sosial di mana kita juga berhubungan dengan banyak orang.
Maka, siapa
bilang jika kebaikan hanya bisa dipraktekkan di dunia nyata saja karena
ternyata poin-poin kebaikan juga bisa dilakukan di Twitter. Tak percaya? Simak poin-poin di
bawah ini dan segera praktekkan sehingga Anda bisa dikenal sebagai Tweeps yang
baik :
1.
Retweet
(RT)
Salah
satu ‘kebaikan’ di Twitter ialah Retweet (RT). Anda pasti akan senang saat
mengetahui follower Anda me-Retweet status Anda dan meneruskannya ke follower
mereka karena dinilai bermanfaat. Lebih dari itu, ada kemungkinan juga orang
lain akan mem-follow Anda sebagai si sumber informasi.
2. FollowFriday
Merekomendasikan orang untuk di-follow dalam hastag FollowFriday
(#FF) termasuk dalam kebaikan Twitter. Namun melakukan #FF tidak bisa
asal-asalan. Alih-alih mencantumkan serentetan nama orang, akan lebih baik jika
Anda merekomendasikan user dengan deskripsi yang spesifik.
3. Reply
3. Reply
Mengusahakan untuk selalu membalas
tweet yang ditujukan pada Anda adalah langkah yang baik di dunia per-Twitteran.
Menggunakan layanan DM dibanding dengan melakukan reply malah akan lebih baik
lagi karena terasa lebih personal.
4. List
4. List
Layanan List bisa mengukur seberapa
kuat personality Anda dan orang-orang yang telah Anda masukkan dalam daftar
tersebut. Nah jika ada follower Anda yang memasukkan Anda dalam List mereka
(tentu tergantung dari title dan
tujuannya), tetaplah rendah hati.
5. Perkenalan
Tak ada salahnya Anda mengenalkan
orang di Twitter asalkan tujuannya baik. Ini adalah salah satu hal baik di
Twitter yang bisa Anda lakukan.i-dus
6.MenjawabPertanyaan
6.MenjawabPertanyaan
Membantu orang lain di Twitter yang
menemui kesulitan juga bisa dilakukan. Tidak sulit kok. Misalnya jika ada yang
bertanya pada Anda mengenai tutorial, artikel, atau mengenai hal-hal yang
berkaitan dengan bidang yang Anda geluti, maka bantu mereka dengan menjawab
pertanyaan mereka.
7.FollowBack
7.FollowBack
Melakukan follow balik untuk setiap
follower kita memang bukan hal yang bisa dilakukan oleh setiap orang terutama
bagi public figure yang memiliki ribuan follower. Akan tetapi aksi ini termasuk
dalam kebaikan Twitter dan sebagai bentuk penghargaan bagi orang lain. Namun
perlu diingat, jika Anda mem-follow seseorang lalu yang bersangkutan tidak
mem-follow balik Anda, maka bukan berarti dia tidak menghargai Anda. Setiap
orang mempunyai hak
untuk mem- follow
seseorang sesuai keinginannya.
8.Keberlanjutan
8.Keberlanjutan
Menjaga hubungan dengan follower
serta memberi mereka perhatian juga masuk dalam daftar ‘kebaikan’ di dunia
Twitter.
9.Tersenyum
Memberikan senyuman bisa pula
dilakukan di ranah Twitter. Sebuah senyuman meski hanya dengan ikon, akan bisa
membuat hari yang terlihat buruk menjadi lebih bersinar, apalagi jika senyuman
tersebut datang dari orang yang tepat. Nah, makanya jangan ragu-ragu untuk
melemparkan senyuman pada follower Anda
4.
Google+
Seperti kita tahu, aplikasi jejaring
sosial yang paling populer saat ini adalah Facebook. Tetapi beberapa waktu lalu
Google mulai memperkenalkan layanan baru
“social network” mereka yang baru, Google+ (Google Plus) yang sepertinya
ingin bersaing dengan Facebook. Setelah sebelumnya layanan ini baru bisa
digunakan melalui sistem invite (undangan), kini Google+ sudah terbuka dan
siapa saja bisa bergabung. Layanan google yang satu ini mulai
diperkenalkan tanggal 28 Juni 2011 yang lalu, ketika itu memang baru dibuka
secara terbatas, tetapi kini kita sudah bisa bergabung tanpa harus diundang
teman yang sudah terdaftar.
Google+, memang baru saja di rilis, sehingga bagi sebagian pengguna mungkin terasa
membingungkan. Tetapi jika sudah terbiasa, hal itu harusnya bukan masalah,
apalagi fiturnya masih belum sebanyak facebook. Google+ saat ini mempunyai
fitur atau layanan sebagai berikut :
- Circles – Kita bisa membuat grup kita sendiri berdasarkan kiriteria tertentu, misalnya grup keluarga (family), teman sekolah, teman main, dan sebagainya. Setiap grup terpisah satu sama lain, sehingga kita bisa berinteraksi hanya dengan grupp yang kita inginkan.
- Sparks – Kita bisa memasukkan sebanyak mungkin kata kunci yang menjadi ketertarikan kita (misal olahraga, politik, programming dan sebagainya) kemudian google+ akan memberikan link update konten yang sesuai dengan ketertarikan kita tersebut.
- Hangouts – Memungkinkan kita untuk langsung berkomunikasi melalui video (live), dengan 10 orang anggota atau teman. Termasuk kemampuan untuk saling sharing video dan melihat youtube, dan chatting via text/tulisan disampingnya.
- Huddle – Fitur untuk chatting di handphone (mobile phones)
- Instant Upload – Layanan untuk upload foto atau video secara langsung dari mobile phone ke Google+ untuk kemudian di share
5. MySpace
Kelebihan:
v Jumlah teman tak dibatasi. Mau sejuta atau semilyar teman
kita punya dalam satu 'account', no problem.
v Skalanya lebih terasa
internasional dan luas sehingga kita mudah meng-add teman dari berbagai negara.
v Tidak perlu login dan menyetujui sebuah aplikasi ketika kita
menerima komentar atau kiriman pesan berbasis html atau Javascript.
v Tak bisa dan tak boleh mengupload gambar-gambar yang tidak
sopan dan tak senonoh.
v Sangat mudah membuat
playlist musik yang kita suka dan menyimpannya di halaman profil.
v Membuat slide, edit foto, bahkan membuat kartu Ulang Tahun
dengan fasilitas Myspace sendiri, tanpa pihak ketiga.
v Halaman profil lebih mewah dan mudah untuk diganti kapanpun
kita mau. Khusus fitur ini, kita bebas mengambil dari Myspace atau pun pihak
luar yang tidak berafiliasi dengan Myspace.
v Menyediakan fasilitas halaman khusus yang disebut 'Myspace
Music' buat para musisi atau group band yang ingin mempromosikan diri dan
karyanya,
v Bisa setting pribadi untuk foto-foto yang kita pasang sebagai
foto profil.
v Memiliki kolom khusus untuk komentar sehingga tak bercampur
dengan menu lainnya.
v
Lebih mirip
sebuah website
Kelemahan :
v Membatasi usia user
minimal 18 tahun.
v Tak ada sistem 'wall
to wall' yang bisa digunakan untuk saling komentar antar dua pihak.
v
Tak ada sistem
'tag' dan 'share' dalam blog atau catatan.
6.
Linkedln
LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya.
LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya.
7.
Multiply
Multiply.com adalah sebuah situs
jejaring sosial dengan fitur yang memungkinkan orang untuk saling-berbagi
beberapa media, seperti foto, video, maupun blog.
8.
Orkut
Orkut merupakan layanan jejaring
sosial, memungkinkan pengguna menampilkan informasi personal dan profesional,
bertemu teman baru dan memelihara pertemanan yang sudah terjalin. Di sini
pengguna juga bisa bergabung dengan komunitas yang memiliki kesamaan minat
Selain yang disebutkan di atas masih banyak lagi macam-
macam jejaring sosial lainnya,yaitu:
·
www.kenalanyuk.com
(buatan indonesia)
·
www.kombes.com
(buatan indonesia )
·
www.koprol.com
BAB 3
SISTEM JEJARING SOSIAL
Sistem jejaring sosial
adalah bagaimana mekanisme menghubungkan antara satu individu dengan individu
yang lainnya, dengan bertujuan saling bertukar informasi. Salah satu sistem
jejaring sosial yang dibahas adalah teknologi pada Facebook.
Sebelum membahas mengenai teknologi pada Facebook, berikut
beberapa fakta mengenai Facebook:
- Facebook melayani 570.000.000.000 page view per bulan (menurut Google Ad Planner).
- Ada lebih banyak foto di Facebook dari pada semua situs foto lainnya bahkan jika digabungkan (termasuk situs-situs seperti Flickr).
- Lebih dari 3 milyar foto di-upload setiap bulan.
- Facebook sistem melayani 1.200.000 foto per detik. Ini tidak termasuk gambar pada server CDN Facebook.
- Lebih dari 25.000.000.000 buah konten (update status, komentar, dll) setiap bulan.
- Facebook memiliki lebih dari 30.000 server (yang ini data tahun 2009).
Facebook
menggunakan situs LAMP (Linux-Apache-MySQL-PHP), namun telah memperluas operasinya dan memasukkan unsur-unsur lainnya dan
memodifikasinya. Seperti:
·
Facebok menggunakan PHP, tetapi mereka
membangun compiler sendiri sehingga kode PHP di konvert menjadi kode native
(C++) pada server, sehingga meningkatkan kinerja.
·
Facebook menggunakan Linux, tetapi telah
dioptimalkan untuk keperluan mereka sendiri.
·
Facebook menggunakan MySQL,
mengoptimalkan database design, moving join, memchahce adalah beberapa hal untuk mengoptimalkan
database facebook.
Teknologi-teknologi pembantu yang dipakai situs jejaring sosial terbesar
didunia ini:
1. Memcached
Memcached adalah
memory-object-caching-system, sistem memcached ini mendistribusikan penggunaan
cache yang seharusnya ditanggung sendiri oleh sebuah server menjadi
terbagi-bagi dalam beberapa server. Memcached bekerja sebagai semacam hash atau
array asosiasi yang dapat menyimpan data berupa string, integer atau bahkan
object. Data hash ini disimpan didalam memori komputer (RAM) hingga sangat
cepat untuk diakses. hash
berfungsi untuk menjadi identitas atau semacam sidik jari dari suatu data, hash
ini dapat diimplementasikan untuk data berapapun panjangnya dan menghasilkan
ukuran/panjang yang tetap.
Memcached sudah menjadi suatu bagian penting
dalam dunia internet saat ini. Ini adalah sistem caching memori terdistribusi
yang facebook gunakan sebagai sistem caching antara web server dan database
server mereka. Selama bertahun-tahun facebook telah mengoptimalkan memchaced.
Facebook telah mempunyai ratusan Memcached
server dengan jumlah data yang telah di cache sebesar 10 Terabytes.
2. HipHop for PHP
PHP adalah scripting language, relatif lebih
lambat jika dibandingkan dengan native language seperti C++. Hiphop mengubah kode PHP ke C++ yang kemudian
dikompilasi untuk meningkatkan performa.
Sebuah tim kecil di Facebook menghabiskan waktu
18 bulan hanya
untuk mengembangkan Hiphop yang mereka klaim bisa mereduksi CPU usage hingga
50%, dan sekarang telah dirilis ke publik.
BAB 4
KECANDUAN JARINGAN SOSIAL INTERNET
A .Dampak
Positif Jejaring Sosial
1.
Pengguna dapat
belajar mengembangkan keterampilan teknis dan sosial yang sangat di butuhkan di era digital seperti sekarang ini. Pengguna akan belajar bagaimana cara beradaptasi, bersosialisai
dengan publik dan
mengelola jaringan pertemanan.
2.
Memperluas jaringan pertemanan, pengguna akan menjadi lebih mudah berteman dengan orang
lain di seluruh dunia, meski sebagian besar diantaranya belum pernah mereka
temui secara langsung.
3.
Pengguna akan
termotivasi untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka
jumpai secara online, karena di sini pengguna berinteraksi
dan menerima umpan balik satu sama lain.
4.
Situs jejaring sosial
membuat pengguna menjadi
lebih besahabat, perhatian, dan empati, misalnya member perhatian saat ada
teman mereka yang ulang tahun, mengomentari foto, video dan status teman
mereka, menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu secara fisik.
B. Dampak
Negatif Jejaring Sosial
1.
Pengguna menjadi
malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat pemahaman bahasa pun
menjadi terganggu. Jika pengguna terlalu
banyak berkomunikasi di dunia maya, maka pengetahuan tentang seluk beluk
berkomunikasi di kehidupan nyata, seperti bahas tubuh dan nada suara, menjadi
berkurang.
2.
Situs jejaring sosial akan
membuat pengguna lebih
mementingkan diri sendiri. Pengguna menjadi
tidak sadar akan lingkungan sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan
waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan anak menjadi kurang berempati di
dunia nyata.
3.
Bagi pengguna, tidak
ada aturan ejaan dan tata bahasa di jejaring sosial. Hal
ini akan membuat mereka semakin sulit membedakan anatara berkomunikasi di situs
jejaring sosial dan
dunia nyata. Hal ini tentunya akan mempengaruhi keterampilan menulis dalam hal
ejaan dan tata bahasa.
4.
Situs jejaring sosial
adalah lahan subur bagi predator untuk melakukan kejahatan. Kita tidak akan
pernah tahu apakah seseorang yang baru di kenal di internet, menggunakan jati diri yang sesungguhnya.
BAB 5
PENUTUP
PENUTUP
Selain memiliki fungsi sebagai
media interaksi sosial, situs-situs jejaring sosial punya fungsi sebagai media
komunikasi yang efektif bagi pemerintah untuk mendapatkan masukan langsung dari
masyarakatnya. Sudah banyak situs jejaring sosial yang terkenal,
seperti Friendster, Facebook, dll. Tapi kini, ada juga model-model baru
jejaring sosial yang memiliki keunikan masing-masing.
Bisa dibilang, fenomena jejaring sosial di dunia maya
adalah bentuk lain dari wadah reunian para anggotanya. Pengalaman pribadipun
menyatakan demikian. Banyak teman-teman lama yang sudah hitungan tahun tidak
pernah kontak, dipertemukan dalam forum aplikasi jejaring sosial ini. Bahkan
ada beberapa pihak yang sudah memasang iklan komersial di samping kiri-kanan
dinding tampilan. Sehingga, dengan berbagai kemudahan dan variasi yang
diberikan, semakin naik daun saja popularitas dari layanan itu. Tentunya hal
tersebut membawa berkah tersendiri baik bagi pengembang dan pemakainyaSatu hal
yang perlu diperhatikan adalah bagaimanapun juga sebuah teknologi adalah
fasilitas yang dapat digunakan sesuai penggunanya. Kehadiran situs jejaring
sosial ini dapat memberikan keuntungan dan kerugian tergantung cara
pemanfaatannya. Dan semoga kita menggunakannya untuk produktifitas dan kebaikan
bagi banyak pihak.
DAFTAR PUSTAKA
0 comments:
Post a Comment