Thursday, November 1, 2012 - 0 comments

Proses bisnis

Haiii. .

Yang saya bahas kali ini yaitu tentang proses bisnis. Agar dapat mengerti bagaimana proses bisnis , kami dibagi kelompok dan diberikan project dimana dalama satu kelompok terdapat owner dan developer. Dan saya menjadi owner pada usaha pabrik mie instan. Disini kami membahas tentang sistem distribusinya. tugas kami yaitu tuliskan apa apa saja standar standar yang terdapat sistem distribusi pabrik mie instan. Kamipun mendiskusikannya. Walaupun awalnya kami salah dalam menganalisis standarnya karena ternyata yang kami sebutkan merupakan standar produksi bukan distribusi, tapi pak Sofyan memberikan contoh-contoh agar membuka otak kami dalam menganalisis. hahaha

Yang saya pahami dari pembuatan project ini yaitu dimana seorang owner juga harus berperan aktif bersama developer. Dan seorang developer harus aktif memberikan saran saran kepada owner agar dapat meningkatkan kepuasan konsumen.

Next. .

Ada tugas  lagiiiii. .
tugas kali ini yaitu menganilisis proses bisnis pada rental mobil.
pertama- tama sebelum menganalisis kita harus membagi- bagi dulu divisi divisi apa yang terdapat didalamnya. setelah membagi, tuliskan apa apa saja yang dikerjakan masing masing divisi tersebut. Kemudian kami disuruh membuat kejadian(event) dalam rental mobil, seperti custumer ingin menyewa mobil awalnya bertemu dengan front desk atau customer sevice(CS), setelah melakukan persetujuan melakukan pembayaran di kasir, kasir memberikan bukti pembayaran dan customer membawa bukti ke bagian bagasi dan seterusnya.

Selain membahas bagian penyewaan , saya juga membahas mengenai pengadaan yaitu apabila terjadi penambahan mobil dll dan bagian pemeliharaan yaitu mobil itu sendiri seperti mesin, bodi dll.

Setelah selesai mengerjakannya, kami dibagi lagi yaitu ada bagian yang jaga stand yang tugasnya untuk menerima masukan masukan atau pendapat dari kelompok lain dan ada bagian yang untuk memberikan masukan ke kelompok lain dan sekalian menuliskan masukan untuk kelompok sendiri.

Setelah selesai, ami banyak mendapatkan masukan dari kelompok lain seperti manambah penggunaan sopir pada bagian penyewaan, peran pimpinan , kurangnya tugas bagian pendataan, tidak adanya divisi marketing dll.

Setelah melakukan 2 tugas dengan cara seperti ini, saya dapat dengan mudah memahami, karena kami terus disuruh membayangkan dalam dunia nyata.

kesimpulan saya, dalam suatu proses bisnis kita tidak dapat hidup sendiri, kita harus bekerja sama dengan orang lain. Seperti pimpinan membutuhkan karyawan dalam mengerjakan bisnisnya. dan karyawan harus saling bekerja sama dengan karyawan lainnya, karena tidak mungkin seorang karyawan dapat mengerjakan semua pekerjaan, maka dibutukan pembagian tugas, agar suatu bisnis dapat berjalan dengan baik.

Inilah yang saya pahami dari 3 kali petemuan dalam mata kuliah Analisi Sistem Informasi.

Sekiannn.. See yaa.. ^^~

0 comments:

Post a Comment