Thursday, October 11, 2012 - 0 comments

Proses Sistem Informasi

Hy.. Seperti sebelumnya ,saya akan menuliskan apa yang saya pahami pada mata kuliah Analisis Sistem Informasi. tapi tema kali ini yaitu Proses Sistem Informasi.

Pertama tama saya akan menjelaskan apa itu sistem informasi, yaitu kesatuan unit unit yang bekerja sama untuk mengolah data dan menghasilkan informasi.

terdapat 6 proses sistem informasi yaitu
1. Data resources
--> maksudnya kita harus awali dengan mencari dan mengidentifikasi data dulu seperti darimana data diperoleh, akan di entri di mana, yang mana data yang benar/salah, dll.
2.Hardware resources
-->dalam hal ini yang dibicarakan perangkat kerasnya seperti apa alat inputnya, bagaimana karakteristiknya, dimana disimpan, dimana ditampilkan dll. Intinya bagaimana cara mengentri data yang didukung oleh hardware.

3.Software resources
-->dimana ada hardware pasti ada softwarenya. dalam hal ini. software berperan seperti bagaimana membuat iklannya, bagaimana menampilkannya, dll.
4.People resources
-->suatu software dan hardware tidak dapat dioperasikan tanpa manusia, jadi tujuannya disini yaitu untuk mengoperasikan software dan hardware
5.Network resources
--> fungsinya jaringan yaitu untuk mendistribusikan informasi, yaitu dimana software dan hardware serta people harus baik agar pengguna dapat memperoleh informasi yang maksimal.

selanjutnya terdapat juga:
- Input
>dalam penginputan dilakukan oleh manusia pada hardware menggunkan software
-Processing
>dilakukan pada hardware menggunakan software dan dioperasikan oleh manusia. dalam hal ini yang diproses yaotu datanya.
-Output
>dihasilkan oleh software, pada hardware dan dioperasikan oleh manusia untuk menghasilkan informasi melalui network
-Sistem Control
>tujuannya yaitu untuk mengendalikan apakah sudah benar atau salah dalam penginputan, prosesnya dan keluarannya.
-Storage
>kita harus melakukan perangkapan atau backup dalam penyimpanan data, karena apabila hilang, kita tidak harus mengulang dari awal

NEXT tentang MANAGEMENT LEVEL..
terdapat 3 level management:
1.Level Operasional : berhubungan langsung dengan transaksi. dalam hal ini biasanya dilakukan oleh sales/ bagian marketing
2.Level Taktis : tuganya yaitu memikirkan bagaimana cara mencapai target dan tujuan suatu perusahaan. hal ini biasa dilakukan oleh supervisor
3.Level Strategis : mengumpulkan semua informasi informasi dari level taktis yang bisa menjadi knowledge(pengetahuan) untuk menciptakan strategi baru .

inilah semua yang saya pahami dari pertemuan hari senin lalu . . seeyaa^^

0 comments:

Post a Comment