Sunday, October 7, 2012 - 0 comments

Software

Hari ini saya akan menulis apa yang saya pahami dari pertemuan hari jumat 5 oktober 2012 dalam mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak.

Awalnya kami ditanya apa itu software??

berdasarkan yang saya tahu software adalah perangkat lunak yang tidak dapat dilihat secara fisik dan dapat digunakan untuk mengolah data.

Jawaban itu memang tidak salah cuma itu hanya pengertian sempitnya. Jadi Pak Sofyan menjelaskan pengertian software yang lebih tepat yaitu kumpulan item atau objek yang membentuk “konfigurasi” yang terdiri dari :
 -Program
 -Data
 -Dokumen


Dimana data itu merupakan sebuah inputan program dan dokumen sebagai petunjuk tentang program. terdapat juga karakteristik dalam Software yaitu:
- Software is engineered Software tidak dibuat secara massal dan dalam membuat software harus melakukan pengukuran (engineered) sesuai
- Software doesn't wear out Software tidak lapuk dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.
- Software is like an aging factory Software seperti pabrik yang tua, artinya tidak akan digunakan lagi apabila terjadi peningkatan dalam perusahaan
- Software is complex Software itu kompleks maksudnya banyak yang harus diperhatikan dalam mendesign
- Software is a "differentiator" software sebagai pembeda dimana setiap software memiliki ciri ciri / keistimewaan yang berbeda

Sebuah sofware dapat dikatakan stabil apabila terjadi perbaikan perbaikan apabila terjadi kesalahan pada penggunaannya. setelah karakteristik ,

terdapat juga macam macam software yaitu:
-System software:software yang melayani software yang lain
cth : winzip, winrar, proxy, antivirus,windows dll
-Real time software: mengolah data berdasarkan waktu real
cth : atm, chatting spt messenger, msn dll
-Business software: digunakan dalam berbisnis
cth : CRM,ERP dll
 -Engineering/scientific software:software untuk keperluan teknis / pengukuran /science)
cth : software scientific
-Embedded software: software yang dimasukkan ke dalam perangkat keras
cth : jam tangan, ac dll
-PC software: software untuk keperluan Personal Computer
cth : MS Office, WMP dll
-AI software : software yang digunakan untuk memprediksi dan software ini sering digunakan dalam game
- Web application: aplikasi yang menggunakan internet/ berbasis web
cth : klikbca, dll

setelah pak Sofyan menjelaskan, kami diajak bermain games. Kami dibagikan masing masing 1 kertas yang di dalamnya terdapat 2 material dan dari kedua material itu harus membuat satu buah objek yang akan menjadi judul projek. Yang paling penting kedua material dan objek tersebut tidak boleh ada yang tahu. Setelah itu, kami di acak dan disuruh mencari pasangan. setelah mendapat pasangan kita harus menebak apa 2 material dan objek yang di miliki pasangan kita serta kita harus mencatat juga semua pertanyaannya.

Dalam permainan ini, ada yang bisa menebak semua, ada yang hanya material saja/ objek saja dan ada yang tidak dapat menebak semuanya.

yang saya tangkap dari permainan ini yaitu kami diajarkan bagaimana cara komunikasi yang baik agar apabila kita berkomunikasi dengan clien(user) mengenai suatu program dapat sesuai dengan keinginannya dan tujuan menulis pertanyaan lawan yaitu kita harus mencatat semua apa yang clien inginkan karena apabila ia protes kita punya bukti.

kami juga mendapatkan tugas untuk membaca tentang:
-Waterfall Model
-Prototyping Model
-Rapid Application Development
-Incremental Model
-Iteractive - Incremental

inilah semua yang saya pahami pada pertemuan jumat lalu. . See yaa. . have a nice day^^

0 comments:

Post a Comment